Evolusi Arsitektur Komputer
Sejak dahulu kala, proses pengolahan
data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan
elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya
bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah
suatu evolusi panjang dari penemuan penemuan manusia sejah dahulu kala berupa
alat mekanik maupun elektronik.
Beberapa peralatan yang telah
digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya
komputer :
komputer :
-
Peralatan
manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor
terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.
-
Peralatan
Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang
digerakkan dengan tangan secara manual.
digerakkan dengan tangan secara manual.
-
Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan
mekanik yang digerakkan oleh secara
otomatis oleh motor elektronik.
otomatis oleh motor elektronik.
-
Peralatan
Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.
Klasifikasi
komputer
1.
Microcontroller
Microcontroller memiliki semua peralatan pokoknya sebagai
sebuah komputer dalam satu chip.
Peralatan tersebut diantaranya adalah:
- Proses (processing)
Alat Pemroses terdiri dari CPU(Central Processing Unit)
- Main Memory
Main Memory merupakan simpanan yang kapasitasnya besar. Main Memory juga disebut dengan Main Storage (penyimpanan utama) atau Internal Memory.
Main Memory terdiri dari :
a. RAM (Random Aceces Memori)
b. ROM (Read Only Memori)
- Input dan output
Untuk melakukan hubungan dengan piranti di luar sistem komputer membutuhkan perantara I/O.Perangkat I/O sebagai jembatan penghubung antara mikrokomputer dengan piranti di luar system dapat menerima data dan dapat pula memberi data ke ke computer.
- Proses (processing)
Alat Pemroses terdiri dari CPU(Central Processing Unit)
- Main Memory
Main Memory merupakan simpanan yang kapasitasnya besar. Main Memory juga disebut dengan Main Storage (penyimpanan utama) atau Internal Memory.
Main Memory terdiri dari :
a. RAM (Random Aceces Memori)
b. ROM (Read Only Memori)
- Input dan output
Untuk melakukan hubungan dengan piranti di luar sistem komputer membutuhkan perantara I/O.Perangkat I/O sebagai jembatan penghubung antara mikrokomputer dengan piranti di luar system dapat menerima data dan dapat pula memberi data ke ke computer.
2. Microcomputer
Komputer ini khususnya digunakan untuk single-user, biasa disebut juga dengan komputer desktop atau komputer pribadi (personal computer).
Komputer ini khususnya digunakan untuk single-user, biasa disebut juga dengan komputer desktop atau komputer pribadi (personal computer).
3. Engineering Workstation
Komputer ini digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dipakai oleh para ahli teknik dalam melakukan perhitungan dan penyelesaian pekerjaannya. Contoh aplikasi yang digunakan untuk komputer golongan ini adalah CAD (computer aided design) yang digunakan untuk melakukan perancangan gambar teknik.
Komputer ini digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dipakai oleh para ahli teknik dalam melakukan perhitungan dan penyelesaian pekerjaannya. Contoh aplikasi yang digunakan untuk komputer golongan ini adalah CAD (computer aided design) yang digunakan untuk melakukan perancangan gambar teknik.
4. Mainframe
Pada tahap awal mulainya era komputerisasi, mainframe merupakan satu-satunya komputer yang ada pada waktu itu. Mainframe ini dapat melayani ratusan penggunanya pada saat yang bersamaan.
Pada tahap awal mulainya era komputerisasi, mainframe merupakan satu-satunya komputer yang ada pada waktu itu. Mainframe ini dapat melayani ratusan penggunanya pada saat yang bersamaan.
Arsitektur
komputer
juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni
mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat
menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan
target biayanya.
Perubahan Definisi Arsitektur
Komputer
• 1950 -1960 : Arsitektur komputer adalah suatu komputer aritmatik
• 1950 -1960 : Arsitektur komputer adalah suatu komputer aritmatik
•
1970 – pertengahan 1980 : Arsitektur
komputer adalah suatu desain instruksi untuk suatu kompiler
•
1990 : Arsitektur komputer adalah suatu
bentuk desain CPU, sistem
memori, sistem I/O, multiprosesor dan network komputer
• 2010 : Arsitektur komputer : suatu sistem yang dapat beradaptasi
sendiri, struktur yang dapat mengorganisasikan sendiri, system
memori, sistem I/O, multiprosesor dan network komputer
• 2010 : Arsitektur komputer : suatu sistem yang dapat beradaptasi
sendiri, struktur yang dapat mengorganisasikan sendiri, system
DNA
Ada 2 bagian pokok
arsitektur computer
1. Instructure Set Architecture
Spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan computer
2. Hardware System Architacture
Meliputi subsistem hardware dasar yaitu CPU, Memori dan I/O system
1. Instructure Set Architecture
Spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan computer
2. Hardware System Architacture
Meliputi subsistem hardware dasar yaitu CPU, Memori dan I/O system
Arsitektur
komputer sendiri memiliki beberapa kualitas yang berbeda satu dengan yang
lainya, Tergantung spesifikasinya dan pada tahun perkembanganya karena
arsitektur semakin tahun semakin berkembang dan semakin maju saja.
Beberapa
kualitas arsitektur komputer yaitu :
1.Generalitas adalah ukuran besarnya
jangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan arsitektur.
2. Daya terap (applicability) adalah
pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang telah direncanakannya.
3. Efisiensi adalah ukuran rata-rata
jurnlah hardware dalam komputer yang selalu sibuk selama penggunaannya biasa.
4.Daya terap arsitektur adalah ukuran
kemudahan bagi perancang untuk mengimplementasikan komputer (yang mempunyai
arsitektur itu) dalam jangkauan yang luas.
5. Daya kembang (expandability)
adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk meningkatkan kemampuan arsitektur,
misalnya kemampuan ukuran memori maksimumnya atau kemampuan aritmetiknya.
Keberhasilan
Arsitektur Komputer
1. Manfaat Arsitektural
Ada empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan
arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya (architectural merit) :
a. Daya terap Sebaiknya,
arsitektur ditujukan untuk aplikasi yang telah ditentukan.
Daya tempa. Bila
arsitektur lebih mudah membangun sistem yang kecil, maka ia akan lebih
baile.
b. Daya kembang. Lebih
besar daya kembang arsitektur dalam daya
komputasi, ukuran memori, kapasitasI/O, dan jumlah
prosesor,maka ia kan lebih baile.
·
c.
Kompatibilitas (daya serasi-pasang).
2. Keterbukaan arsitektur
Arsitektur dikatakan open (terbuka) bila
perancangnya mempublikasikan spesifikasinya
3. Keberadaan model pemrograman yang kompatibel
don bisa dipahami.
Beberapa komputer yang berparalel tinggi
begitu sulit untuk digunakan, sehingga ia hanya menjadi daya tarik bagi para
analis untuk menemukan cara baru untuk menggunakannya.
4. Kualitas implementasi awal.
Ada beberapa komputer yang nampaknya
merupakan mesin yang baik, yang mempunyai software dan sifat operasional yang
baik.
5. Kinerja Sistem
Kinerja sistem sebagian ditentukan oleh
kecepatan komputer. Untuk mengukur kinerja komputer, para arsitek menjalankan
serangakian program yang standart, yang disebut benchmark,pada komputer.
Benchmark ini memungkinkan arsitek untuk menentukan kecepatan relatif dari
semua komputer yang menjalankan benchmark tersebut dan menentukan kecepatan
absolute dari tiap komputer. Hasilnya bermanfaat bagi arsitek untuk melaporkan
kinerja sistem dengan menggunakan berbagai performance metrics (metrik
kinerja).
6. Biaya Sistem
Bagian pokok dari biaya sistem computer
adalah biaya peralatan logika dasarnya, yang sangat bervariasi dari peralatan
satu dengan yang lainnya.
Beberapa aplikasi
dengan metrik tersebut diperlukan
-
Reliabilitas (keandalan)
adalah sangat diperlukan oleh computer yang digunakan untuk mengontrol
penerbangan, mengontrol kearnanan instalasi nuklir, atau kegiatan apa saja yang
mempertaruhkan keselarnatan manusia.
Kemudahan
perbaikan khususnya penting bagi komputer yang mempunyai jumlah komponen yang besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar