Rabu, 27 September 2017

Evolusi Arsitektur Komputer



Evolusi Arsitektur Komputer

Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.

Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya
komputer :
-          Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.
-          Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang
digerakkan dengan tangan secara manual.
-           Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara
otomatis oleh motor elektronik.
-          Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.

Klasifikasi komputer
1.        Microcontroller
Microcontroller memiliki semua peralatan pokoknya sebagai sebuah komputer dalam  satu chip. Peralatan tersebut diantaranya adalah:
-  Proses (processing)
Alat Pemroses terdiri dari CPU(Central Processing Unit)
-  Main Memory
Main Memory merupakan simpanan yang kapasitasnya besar. Main Memory juga disebut dengan Main Storage (penyimpanan utama) atau Internal Memory.
Main Memory terdiri dari : 
a. RAM (Random Aceces Memori)
b. ROM (Read Only Memori)
-  Input dan output
Untuk melakukan hubungan dengan piranti di luar sistem komputer membutuhkan perantara I/O.Perangkat I/O sebagai jembatan penghubung antara mikrokomputer dengan piranti di luar system dapat menerima data dan dapat pula memberi data ke ke computer.

2.      Microcomputer
Komputer ini khususnya digunakan untuk single-user, biasa disebut juga dengan  komputer desktop atau komputer pribadi (personal computer).

3.      Engineering Workstation
Komputer ini digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dipakai oleh para ahli teknik dalam melakukan perhitungan dan penyelesaian pekerjaannya. Contoh aplikasi yang digunakan untuk komputer golongan ini adalah CAD (computer aided design) yang digunakan untuk melakukan perancangan gambar teknik.

4.    Mainframe
Pada tahap awal mulainya era komputerisasi, mainframe merupakan satu-satunya komputer yang ada pada waktu itu. Mainframe ini dapat melayani ratusan penggunanya pada saat yang bersamaan.
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/03/Computer_abstraction_layers.svg/200px-Computer_abstraction_layers.svg.pngArsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

Perubahan Definisi Arsitektur Komputer
• 1950 -1960                           : Arsitektur komputer adalah suatu komputer aritmatik
• 1970 – pertengahan 1980      : Arsitektur komputer adalah suatu desain instruksi untuk suatu kompiler
• 1990                                     : Arsitektur komputer adalah suatu bentuk desain CPU, sistem
                                                memori, sistem I/O, multiprosesor dan network komputer
• 2010                                     : Arsitektur komputer : suatu sistem yang dapat beradaptasi
                                                sendiri, struktur yang dapat mengorganisasikan sendiri, system 
DNA

Ada 2 bagian pokok arsitektur computer
1. Instructure Set Architecture
    Spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan   computer
2. Hardware System Architacture
    Meliputi subsistem hardware dasar yaitu CPU, Memori dan I/O system

Arsitektur komputer sendiri memiliki beberapa kualitas yang berbeda satu dengan yang lainya, Tergantung spesifikasinya dan pada tahun perkembanganya karena arsitektur semakin tahun semakin berkembang dan semakin maju saja.

Beberapa kualitas arsitektur komputer yaitu :
1.Generalitas adalah ukuran besarnya jangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan arsitektur.
2. Daya terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang telah direncanakannya.
3. Efisiensi adalah ukuran rata-rata jurnlah hardware dalam komputer yang selalu sibuk selama penggunaannya biasa.
4.Daya terap arsitektur adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk mengimplementasikan komputer (yang mempunyai arsitektur itu) dalam jangkauan yang luas.
5. Daya kembang (expandability) adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk meningkatkan kemampuan arsitektur, misalnya kemampuan ukuran memori maksimumnya atau kemampuan aritmetiknya.

Keberhasilan Arsitektur Komputer
1.   Manfaat Arsitektural
      Ada empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya (architectural merit) :
a.     Daya terap Sebaiknya, arsitektur ditujukan untuk aplikasi yang telah ditentukan.
                 Daya tempaBila arsitektur lebih mudah membangun sistem yang kecil, maka  ia akan lebih baile.
b.    Daya kembangLebih besar daya kembang arsitektur dalam daya komputasi,     ukuran memori, kapasitasI/O, dan jumlah prosesor,maka ia kan lebih baile.
·          c.  Kompatibilitas (daya serasi-pasang).
2.   Keterbukaan arsitektur
           Arsitektur dikatakan open (terbuka) bila perancangnya mempublikasikan spesifikasinya
3.   Keberadaan model pemrograman yang kompatibel don bisa dipahami.
      Beberapa komputer yang berparalel tinggi begitu sulit untuk digunakan, sehingga ia hanya menjadi daya tarik bagi para analis untuk menemukan cara baru untuk menggunakannya.
4.   Kualitas implementasi awal.
      Ada beberapa komputer yang nampaknya merupakan mesin yang baik, yang mempunyai software dan sifat operasional yang baik.
5.   Kinerja Sistem
      Kinerja sistem sebagian ditentukan oleh kecepatan komputer. Untuk mengukur kinerja komputer, para arsitek menjalankan serangakian program yang standart, yang disebut benchmark,pada komputer. Benchmark ini memungkinkan arsitek untuk menentukan kecepatan relatif dari semua komputer yang menjalankan benchmark tersebut dan menentukan kecepatan absolute dari tiap komputer. Hasilnya bermanfaat bagi arsitek untuk melaporkan kinerja sistem dengan menggunakan berbagai performance metrics (metrik kinerja).
6.   Biaya Sistem
      Bagian pokok dari biaya sistem computer adalah biaya peralatan logika dasarnya, yang sangat bervariasi dari peralatan satu dengan yang lainnya.  
Beberapa aplikasi dengan metrik tersebut diperlukan
-        Reliabilitas (keandalan) adalah sangat diperlukan oleh computer yang digunakan untuk mengontrol penerbangan, mengontrol kearnanan instalasi nuklir, atau kegiatan apa saja yang mempertaruhkan keselarnatan manusia.
Kemudahan perbaikan khususnya penting bagi komputer yang mempunyai jumlah  komponen yang besar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar