v Perangkat (media) Pembuatan Aplikasi Multimedia
A.
Perangkat Keras (Hardware).
Perangkat keras
komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan
data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan
dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk
perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan
antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita
berbicara mengenai firmware, karena firmware ini
adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini
merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer,
yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Berikut
perangkat yang mendukung terciptanya multimedia :
- CD / DVD ROM
Digunakan
untuk memutar berbagai jenis CD, VCD dan DVD.
- Sound Card Sound
Card (kartu suara) adalah perangkat yang terhubung pada
papan induk (motherboard) yang berfungsi sebagai alat untuk mengolah dan
mnegontrol suara, baik suara yang masuk (merekam) dan suara yang keluar melalu
speaker. Hal ini dimungkinkan karena pada sound card terdapat masukan (Line in,
Mic dan MIDI) serta keluaran (line out/speaker out).
- Kartu grafis (Graphic Card / Display Adapter)
Kartu grafis merupakan perangkat yang terhubung langsung di
papan induk komputer yang berfungsi untuk mengolah citra (gambar) agar
mempunyai kualitas yang baik. Saat ini kartu grafis yang sering digunakan
adalah kartu grafis yang menggunakan teknologi AGP (Accelerated Graphics Port).
- Keyboard
keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868.
- Speaker
Speaker (pengeras suara) merupakan perangkat output untuk menghasilkan suara. Contohnya headset.
B. Perangkat
Lunak (software)
Perangkat lunak (software) adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.
1.
Perangkat Lunak Multimedia
Perangkat
lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing system, berupa
program-program untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia.
Perangkat lunak ini digolongkan menjadi tiga bagian yaitu bahasa pemrograman
multimedia, perangkat lunak sistem multimedia dan perangkat lunak aplikasi
multimedia.
·
Bahasa Pemrograman Multimedia.
Bahasa
pemrograman Multimedia adalah bahasa-bahasa yang digunakan programmer untuk
membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi,
SQL, Visual Basic, dan Java.
·
Perangkat Lunak Sistem (System
Software)
Perangkat
lunak ini terdiri dari Sistem operasi (Operating System) misalnya DOS (Disc
Operating System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows
Vista, UNIX, Linux atau Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi
utilitas (utility application) misalnya aplikasi Antivirus.
· Perangkat
Lunak Aplikasi Multimedia.
Perangkat lunak aplikasi multimedia
merupakan aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau organisasi untuk
user yang beroperasi dalam bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D,
modeling dan animasi.
2. Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi
pengolah teks yang banyak digunakan misalnya Microsoft Word, Word Star for
Windows, Word Perfect dan Star Writer, sedangkan beberapa aplikasi pengolah
teks yang bersifat open source misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.
3. Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
3. Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
a. Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator.
b. Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp.
c. Animasi, misalnya Macromedia Flash.
4 Perangkat
Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D
Contoh dari perangkat lunak Animasi dan
modeling Grafik 3D adalah 3D Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender
dan lain sebagainya.
5. Perangkat Lunak Authoring Multimedia.
5. Perangkat Lunak Authoring Multimedia.
Authoring merupakan aplikasi komputer yang memberikan peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar