Sabtu, 02 Juni 2018

SISTEM KEAMANAN KOMPUTER


Definisi secara umum
Sistem Keamanan Komputer atau dikenal juga dengan sebutan cybersecurity atau IT security adalah keamanan informasi yang diaplikasikan kepada komputer dan jaringannya. Sistem Keamanan Komputer bertujuan membantu user agar dapat mencegah penipuan atau mendeteksi adanya usaha penipuan di sebuah sistem yang berbasis informasi. Informasinya sendiri memiliki arti non fisik.

Definisi menurut para ahli
Menurut John D. Howard dalam bukunya “An Analysis of security incidents on the internet” menyatakan bahwa : “pengertian dari Keamanan komputer adalah suatu tindakan pencegahan perangkat dari serangan pengguna komputer atau pengakses jaringan yang tidak bertanggung jawab”
Menurut Gollmann pada tahun 1999 menyatakan bahwa : “pengertian dari Keamanan komputer yaitu berhubungan dengan pencegahan diri/ proteksi dan deteksi terhadap tindakan pengganggu yang tidak dikenali dalam sistem komputer”.
Ada empat kategori yang paling mendasar dari segala jenis ancaman sistem komputer.
1.    Interruption (interupsi)
Sumber daya sistem komputer dihancurkan sehingga tidak berfungsi. Contohnya penghancuran harddisk atau pemotongan kabel. Ini merupakan ancaman terhadap ketersediaan.

2.    Interception (intersepsi)
Orang yang tak diotorisasi dapat masuk/mengakses ke sumber daya sistem. Contohnya menyalin file yang terotorisasi. Ini merupakan ancaman terhadap kerahasiaan.

3.    Mocification (modifikasi)
Orang yang tak diotorisasi tidak hanya dapat mengakses, tapi juga mengubah dan merusak sumber daya. Contohnya mengubah isi pesan atau mengacak program. Ini merupakan ancaman terhadap integritas

4.    Fabrication (fabrikasi)
Orang yang tak diotorisasi menyisipkan objek palsu ke dalam sistem. Contohnya memasukkan pesan palsu atau menambah data palsu.

Beberapa hal yang menjadikan kejahatan komputer terus terjadi dan cenderung meningkat adalah sebagai berikut :
1.    Meningkatnya pengguna komputer dan internet
2.    Banyaknya software yang pada awalnya digunakan untuk melakukan audit sebuah system dengan cara mencari kelemahan dan celah yang mungkin disalahgunakan untuk melakukan scanning system orang lain.
3.    Banyaknya software-software untuk melakukan penyusupan yang tersedia di Internet dan bisa di download secara gratis.
4.    Meningkatnya kemampuan pengguna komputer dan internet
5.    Desentralisasi server sehingga lebih banyak system yang harus ditangani, sementara SDM terbatas.
6.    Kurangnya hukum yang mengatur kejahatan komputer.
7.    Semakin banyaknya perusahaan yang menghubungkan jaringan LAN mereka ke Internet.
8.    Meningkatnya aplikasi bisnis yang menggunakan internet.
9.    Banyaknya software yang mempunyai kelemahan (bugs)
Ada beberapa hal yang bisa menjawab diperlukannya pengamanan sistem komputer, antara lain :
Menghindari resiko penyusupan, harus dipastikan bahwa system tidak ada penyusup yang bisa membaca, menulis dan menjalankan program-program yang bisa mengganggu atau menghancurkan system.
1.  Mengurangi resiko ancaman, hal ini biasa berlaku di institusi dan perusahaan swasta. Ada beberapa macam penyusup yang bisa menyerang system yang dimiliki, antara lain :
a)             Ingin Tahu, jenis penyusup ini pada dasarnya tertarik menemukan jenis system yang digunakan.
b)             Perusak, jenis penyusup ini ingin merusak system yang digunakan atau mengubah tampilan layar yang dibuat.
c)             Menyusup untuk popularitas, penyusup ini menggunakan system untuk mencapai popularitas dia sendiri, semakin tinggi system keamanan yang kita buat, semakin membuatnya penasaran. Jika dia berhasil masuk ke sistem kita maka ini menjadi sarana baginya untuk mempromosikan diri.
d)             Pesaing, penyusup ini lebih tertarik pada data yang ada dalam system yang kita miliki, karena dia menganggap kita memiliki sesuatu yang dapat menguntungkannya secara finansial atau malah merugikannya (penyusup).
2. Melindungi system dari kerentanan, kerentanan akan menjadikan system berpotensi untuk memberikan akses yang tidak diizinkan bagi orang lain yang tidak berhak.
3.   Melindungi system dari gangguan alam seperti petir dan lain-lainnya.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar